Selasa, 25 November 2008

motosport


Stoner (Reuters/Heino Kalis)

Valencia - MotoGP musim 2008 selesai. Juara bertahan yang telah kehilangan gelarnya, Casey Stoner, memenangi seri penutup di Valencia, diikuti Daniel Pedrosa dan sang jawara tahun ini, Valentino Rossi.

Pada balapan yang berlangsung hari Minggu (26/10/2008), Stoner tampil dominan karena selalu berada di depan mulai dari start sampai finish. Pedrosa pun demikian, terus berada di belakang Stoner selama 30 putaran.

Walaupun gelar juara dunia yang direbutnya tahun lalu telah berpindah tangan ke Rossi musim ini, namun sukses di Valencia ini menambah catatan kemenangan Stoner di kelas MotoGP menjadi 16 kali — enam kali di musim ini.

Pembalap dari tim Ducati itu juga memperbesar koleksi poinnya di klasemen akhir menjadi 280, setelah di seri sebelumnya memastikan posisi runner up. Ia unggul 31 angka dari rival terdekatnya, Pedrosa, yang harus puas di tempat ketiga.

Pedrosa sendiri menyelesaikan lomba di Valencia di podium nomor dua di atas Rossi. Dan The Doctor, sang juara dunia delapan kali termasuk enam kali di kelas tertinggi Grand Prix motor, menorehkan rekor baru dengan capaian akhirnya di podium nomor tiga. (more…)

Dua Italiano, Satu Prancis


Di Meglio, Rossi, Simoncelli (Reuters/Heino Kalis)

Valencia - Valentino Rossi kembali menjuarai MotoGP setelah “tertunda” dua musim berturut-turut. Di kelas 250cc dan 125cc muncul juara dunia baru, Marco Simoncelli dan Mike di Meglio.

Rossi mengunci titel juara di akhir bulan lalu setelah memenangi seri ke-15 di Motegi, Jepang. Ia pun menambahkan koleksi gelarnya menjadi enam di kelas MotoGP (sebelumnya 500cc).

Saat merayakan kemenangannya di Motegi, Italiano berusia 29 tahun itu mengenakan kaos putih bertuliskan “Scusate il ritardo” atau “Sorry for the Delay” alias “Maaf Atas Penundaan ini”.

Kalimat itu mengandung pesan buat para penggemarnya yang harus menyaksikan kegagalan dia dalam dua musim terakhir. Di tahun 2006 gelarnya direbut Nicky Hayden, lalu musim lalu giliran Casey Stoner mengalahkan dia dalam perebutan gelar juara. (more…)

Akhir yang Fantastis Buat Stoner

Valencia - Casey Stoner menjalani musim 2008 dengan kemenangan di seri awal, dan menutupnya dengan dominan di seri akhir. Meski gagal mempertahankan gelar juara, dia pun tetap merasa bahagia.

Gelar juara MotoGP 2008 sudah dikunci oleh Valentino Rossi sebelum seri Valencia ini. Namun, Stoner tetap ngotot memberikan perlawanan terakhirnya dan merebut podium pertama di seri penutup itu.

Pada balapan yang berlangsung Minggu (26/10/2008), Stoner tampil meyakinkan dan berada di posisi terdepan sejak awal lomba sampai lap terakhir, mengalahkan Daniel Pedrosa di posisi kedua dan The Doctor yang harus puas di posisi ketiga.

Di balik kesuksesan tersebut, siapa sangka pria Australia tersebut sempat deg-degan kalau hal buruk akan menimpanya. Adalah pemilihan ban dan setingan tunggangannya pada saat kualifikasi yang membuat penggeber Desmosedici GP8 Ducati itu was-was. (more…)

Tidak ada komentar: